Komunitas Planet Senen: Gelar Baca dan Diskusi Puisi


JAKARTA, JUMAT--Komunitas Planet Senen (KoPS), Senin (23/2) mendatang, menggelar pembacaan puisi karya Giyanto Subagio, dalam program Sepilihan Puisi Penyair, di Plaza Depan Gelanggang Remaja Jakarta Pusat, Jalan Stasiun Senen No 1 Jakarta Pusat.. Puisi-puisi karya Giyanto Subagio akan dibedah oleh penyair Jakarta Darmadi dan Mustafa Ismail, Redaktur Koran Tempo.
Penanggung Jawab Komunitas Planet Senen, penyair Irman Syah, mengatakan, dalam program ini diharapkan akan ada dua hal yang dapat dilihat, yaitu kriteria yang dilakukan penyair dalam pengelompokan puisinya seperti apa dan bagaimana. Kemudian bagaimana redaktur yang biasanya di meja redaksi membaca setumpuk file surat tapi sekarang dapat langsung berdialog tentang proses penulisan penyair dan sekaligus melakukan pembahasan.

Jadi semacam labor karya yang sengaja disiapkan KoPS bagi sastrawan (penyair) terkini untuk mempersiapkan dirinya bertarung dalam publikasi media massa, katanya, Jumat (13/2) di Jakarta.
Event ini akan menjadi sesuatu yang baru untuk memacu gairah wacana dan kreativitas sastrawan dan ini juga sebuah pengalaman yang menarik bagi redaktur dalam menilik dan mengamati perkembangan proses kreatif sastrawan yang berada di kantong-kantong kesenian.

Dengan demikian, menurut Irman Syah, persoalan yang berkembang, baik sisi tematik atau kemasan, serta capaian estetitik tentang penemuan citra identitas lokal bagi negeri yang kaya dengan beragam bangsa ini akan dapat ditilik. Semoga saja kekayaan yang begitu banyak terpendam di khasanah seni sastra di negeri ini bisa muncul dan mampu menyatakan dirinya sebagai tolak-ukur dan kiblat dunia tentang seni, budaya maupun peradaban.(NAL/Kompas)

0 comments:

Post a Comment

SILAHKAN TINGGALkAN TANGGAPAN DI SINI