Aku Cinta Kota Bekasi


Oleh Irman Syah
aku cinta kota bekasi/  kota sarat perjuangan/
Aku cinta kota patriot/ kota santri sejak dulu kala/
Jembatan kali Bekasi.. / jadi saksi nan abadi/:
Kota sarat perjuangan

Aku rela ke medan juang/ mempertahankan baghasasi/
Merah putih tetap berkibar / di tapal batas Bekasi..


Jarang-jarang memang sebuah kota memiliki lagu tersendiri tentang kotanya. Apalagi sebuah lagu dengan teks yang kuat dan memiliki daya ikat tersendiri dengan suasana alam serta kondisi sejarah yang dimilikinya. Inilah Bekasi. Kota lain belum tentu, kalau pun ada, kebanyakan  hanya memiliki lagu tentang keindahan alam dan objek wisata yang dimilikinya dan itu pun jarang mempunyai kekuatan dengan konteks sejarahnya. Tentu saja hal ini merupakan salah satu pemilikan yang patut dibanggakan.

Meski pun kota Bekasi yang dulunya hanyalah sebuah kecamatan dari Kabupaten Bekasi, tapi dengan perkembangannya yang sangat pesat akhirnya ditingkatkan statusnya menjadi Kota Administratif pada tahun 1982 dan kemudian Kotamadya pada tahun 1996. Artinya di usianya yang telah 16th kota ini semakin bercelak dengan perkembangannya. Bahkan pula menjadi bahan cerita  dari kabar media massa yang selalu meliputnya. Beragam persoalan baik sisi positif atau pun negatif pun dimunculkannya secara nasional.

Atas nama cinta, warga Bekasi tetap setia mencintai kotanya. Mereka mendendangkan lagu ‘Aku Cinta Kota Bekasi’ karya Ali Roy (alm) dengan Ane Matahari itu di berbagai tempat dan Event. Lagu ini pun menjadi sesuatu yang popular dan mampu mengangkat kecintaan masyarakatnya akan kota ini dan juga  penghargaan akan sejarah yang dimilikinya. Tak dapat dibayangkan ketika lagu yang dipopularkan oleh Grup MLK Akustik dengan Vokalis Jaka Persija Sampai Mati dan kawan-kawannya ini yang notabene pengamen cilik lampu merah itu di berbagai tempat selalu mendapat sambutan plus dari penontonya. Begitu pula tanggapan akan lagu ini  di Youtube (http://www.youtube.com/watch?v=_NMAwzdW0CE).

Ada dua cara pandang yang bisa ditilik untuk melihat kekuatan dan kandungan karya yang dihasilkan dua tokoh musik yang setia membina kawan-kawan KPJ (Kelompok Penyanyi Jalanan) ini. Keduanya sangat berarti dan juga bisa sebagai masukan bagi pemerintah kota Bekasi.

Pertama, Ali Roy (Alm) dan Ane Matahari yang telah membuktikan rasa cintanya kepada warga kota terutama anak-anak yang terdampar di jalanan yang kadang tidak bisa diketahui lagi tentang siapa orang tua mereka. Kecintaan ini pun mereka buktikan dengan jalan edukasi kreatif, semacam pendidikan kehidupan melalui sini musik sambil mengarahkan mereka pada hal yang positif. Dengan begitu, keterlibatan anak-anak jalanan cilik untuk melakukan hal yang tak pantas menjadi lebih berkurang. Kebiasaan jelek itu antara lain kebiasaan mengisap lem Aibon dan lain sebagainya: karena yang demikian itu akan membuat mereka tumbuh menjadi generasi sakit.

Kedua, lagu ini mampu menjadi citraan yang kuat terhadap kota Bekasi dengan kandungan semangat atau spirit patriotik yang dimilikinya. Kenyataan sejarah dari pendahulu negeri ini bisa dijadikan tolok-ukur perkembangan nilai dn norma kota Bekasi serta program yang tepat bagi kenyamanan kota ini ke depan. Dengan begitu, kesesuaian program pemerintah kota dengan kenyataan yang bergerak di masyarakat akan menjadi sebuah bangunan keseimbangan pada kemajuan dan perkembangan, baik ekonomi atau pun teknologi komunikasi. Bukankah mereka, para tokoh pejuang dulu itu, yang dengan titik darah penghabisan telah memancangkan sikap dengan jalan berbuat dan bertindak serta usaha mereka dalam memahami dan membuktikan keberadaan Bekasi begitu jaya di wilayah Nusantara.

Selamat ulang taun kota Bekasi, selamat kepada Walikotanya yang telah dilantik tepat di usia kota yang tengah meremaja. Ya, di usianya yang ababil (ABG labil). Selamat bekerja demi kepentingan masyarakat yang tak perlu ditanyakan lagi akan cinta mereka terhadap kota patriot ini.

Aku cinta, kota Bekasi
Kota sarat perjuangan..
Aku cinta kota Patriot
Kota santri, sejak dulu-kala..
RoKe’S, 14 Maret 2013








0 comments:

Post a Comment

SILAHKAN TINGGALkAN TANGGAPAN DI SINI