'Retrospeksi' Akhir Tahun Di HumaLand



PROLOG

Berangkat dengan niat tulus, ikatan kebersamaan, dan    persahabatan yang unik, HumaLand School terus berusaha  mengembangkan edukasi kreatifnya pada masyarakat sekitar melalui agenda kesenian...

Kegiatan berjalan secara alami. Sesuai filosofi lokasinya yang memang sebuah kampung dan di tengah ladang. Hamparan inilah yang direspon dan dijadikan setting berkegiatan.

Kemah Seni Huma dan Event 72 Tahun diantaranya: Responsi Rupa, Workshop, Lomba, Pertunjukan Musikalisasi, Baca Puisi, Tari, Musik dan Pentas Teater pun dilangsungkan dengan melibatkan masyarakat.

Bertempat di Kampung Pondok Ranggon, Sasak Panjang, Tajur Halang, Kabupaten Bogor. Di sinilah Yvonne de Fretes, Sastrawan dan sekaligus Dosen STIKOM London School OF Public Relations mengekspresikan gagasannya.

Pada tanggal 29,30, dan 31 Desember 2019, HumaLand kembali akan menggelar rangkaian event; workshop Cipta dan Baca Puisi, Lomba Ibu-ibu dan siswa Paud serta Pentas Apresiasi 31 Desember bersama Sahabat Huma.




[*]

RETROSPEKSI
(Bulan Lewat Tahun Berganti)

Oleh: Irman Syah

 Gerhana matahari telah mendahului petasan dan kembang api, suara canda, pun riang-ria. Juga  sorak-sorai yang bakal lahir menyambutnya.  Demikianlah, percik cahaya kehidupan 
bakal membintangi angkasa!

Demikianlah. Kemeriahan penyambutan tahun telah menjadi ajang ekspressi, kesenangan dan kebanggaan, pertemuan dan perpisahan yang sekaligus tercipta dan mengada. 
  
Alangkah indah alangkah gundah, mata dan debar serta kejut-kaget menyimpulkan makna pergantian atas putaran roda waktu yang tak henti bergerak. Berputar di porosnya. Mempertemukan yang belum berjumpa.

2020, selamat datang: Selamat tinggal 2019. Ya. Selamat tinggal yang tertinggal. Kilau cahaya dan gerhana itu sungguh telah jadi bagian yang menubuh, kini menyatu dalam diri.

Jika kelak nanti ada pertanyaan, kemana sajakah tahun lalu kaupulangkan? Jawabannya, tentu, ada di lubuk diri, di palung hati yang paling dalam: mewujudkan laku masadepan dengan  penuh pertimbangan. 

Padanya semua mencahya, juga menyinari yang tampak dan tak tampak. Iya. Bukankah yang tampak itu berakar dari yang tak tampak bukan? 

Restropeksi!
Maka kembalikanlah semua, utuh dengan kelengkapan akal dan budi bahasa yang selalu setia menyertai. Bagaimanapun, hidup adalah kenikmatan yang penuh anugerah.

Padanya menyala semua tindak, gelora laku, semua tanam, semua tumbuh, dan, semua tuai: Ya! Semua nyata, bagai kembang api dan letup petasan selepas gerhana itu. Di ujungnya tersirat kerelaan dalam memaknai penerimaan.

Berkaca pada semua kenyataan: keagungan langit dan kekacauan bumi, dan semestinyalah manusia mengurangi kesombongan, menghapus kecongkakan karena rahasia masadepan itu berada pada tanda di tangan yang maharasia.

Jalan satu-satunya adalah meluruskan niat, menikmati anugerah kesadaran akan penerimaan. Kalau toh ada ketajaman pandangan, itu pun perlu disiasati dengan penuh  kerendahan dalam kelapangan hati akan kebaruan.

Selamat Tahun Baru 1 Januari 2020 M. Selamatkan diri dan negeri ini dengan kehalusan moral dan berbudi-pekerti. Waspada dan musuhi kelicikan.

Pelihara tanganmu dari kebohongan dan jaga kekuasaan dengan mahkota peradaban. Rakyat semesta jangan cuma layak hidup, melainkan hidup layak.

[*]




[*]

Minggu 29 Desember 2019
        Workshop Cipta dan Baca Puisi
       
Senin 30 Desember 2019
   Dialog dan Baca Karya Peserta Workshop
     

31 Desember 2019
BULAN DI ATAS LOVINA
Teater Anak Zaman
(Sutrada Irul Kimbo)


MUSIKALISASI PUISI
Sastra Kalimalang



KERETA KENCANA
Pandu Teater
(Sutradara Gultom TW)


ORASI BUDAYA
Irman Syah




MUSIK
Pak ‘T’ & Firiends


Pentas Puisai dan Performance Spontan
Para Pengunjung Huma






[*]

EPILOG
Terimakasih yang tulus kami ucapkan atas kerjasamanya yang baik wahai karib-kerabat yang hadir  dan dengan senang hati berpartisipasi dalam agenda ‘Retrospeksi Akhir Tahun’ yang bertempat di    HumaLand School, Kampung Pondok Ranggon, Sasak Panjang, Tajurhalang – Bogor, Jawa Barat.

Atas keikut-sertaan dan kerjasamanya ini, sesungguhnya telah menciptakan kemeriahan ‘Kebun Seni’ HumaLand dalam menumbuhkan Mahkota Bahasa, Sastra, Rupa, Music, dan Seni Teater bagi masyarakat sekitar Huma. Semoga kita selalu sehat, sukses, damai dan Bahagia.

Teater Anak Zaman, Sastra Kalimalang, Pandu Teater, Pak T & Friends, Sahabat dan Karib-kerabat Huma, serta Ibu-ibu dan Siswa PAUD, Pak Ayung, Pak Hanan dan Pak Sanip tanpa kalian rasanya Huma ini hampa dan sunyi akan melingkupi diri.

[*]

     
(Yvonne de Fretes)

GardenArt:
Agus Firman Syah (Seni Rupa), Bambang ‘Betet’ Wahyudin (Pendidik Sekolah Master Indonesia – Depok), Irman Syah (Street Poet), Irul Kimbo (Seni Teater), dan Hasanah (Huma).


(Agus Firmansyah)


(Bambang 'Betet' Wahyudin)

(Irman Syah)

(Irul Kimbo Jakarta)


(Hasanah)


[*]


Serba-serbi Akhir Tahun

Kebun Seni HumaLand
Sasak Panjang, Tajurhalang, Pondok Ranggon
Bogor - Jawa Barat:













Kebun Seni HumaLand,
Awal Tahun  di Januari 2020







Share:
spacer

No comments:

Post a Comment

SILAHKAN TINGGALkAN TANGGAPAN DI SINI