‘Festival Nasional Wisran Hadi' | Teater Langkah: Gelar 7 Grup Teater Mahasiswa & Seminar Nasional Teater Indonesia.



Logo Teater Langkah, Unand

Sahabat Rohmantiks, dimana pun anda berada, simoga senantiasa baik dan sehat, serta dilancarkan segala aktivitas..

Kali ini, saya akan berbagi cerita tentang perjalanan kreativitas yang tengah saya lakukan di Sumatera Barat - Indonesia.

Jakarta-jakarti:

"kau kah itu lelaki bermata sayu berdiri di simpang, menatap gadis-gadis berseliweran: hai Upik, nomor berapa kutangmu?"

(Poem: Irman Syah, rohmantik)

Kerlip puisi diatas merupakan gambaran pertemuan dan penilaian saya tentang sebuah Kota Besar di Indonesia, yang kemudian, momen puitik itu saya abadikan ke dalam karya.

Judul puisi tentunya index yang mampu menggambarkan penilaian tentang apa yang dimaksud oleh karya tersebut.

Gambaran itu, setidaknya menyampaikan kondisi empirik yang dirasakan pendatang baru ketika menjejakkan kaki untuk hidup di Ibukota Indonesia.

Banner Taman Ismail Marzuki

Terhitung, telah lebih dari 16th saya berdomisili di Jakarta. Daerah Khusus Ibukota menjadi etape terakhir yang terpilih dari perjalanan aktivitas dan kebudayaan yang saya lakukan sendiri secara personal-individual: Sumatera, Jawa dan Bali.

Hidup dengan jalan menggelar karya dan memanggungkan puisi -- kadang mendirikan beberapa komunitas -- di kota-kota yang baru ditempati memang merupakan tantangan tersendiri yang mesti dinikmati.

Patung Ismail Marzuki, Tim Jakarta)

Poelang Kampoes:

Sebelum terbang ke Sumatera Barat, saya masih jumpa Steemians di @pojoksteemit, tongkrongan bersama yang sikalian difungsikan sebagai promo-steem. Sempat jumpa @musismail@willyana, dan @emongnovaostia, tapi mesti pulang cepet karena mau prepare untuk berangkat ke Padang.

Besoknya, langsung terbang ke Minangkabau Airport dari Bandara Soetta dengan tujuan menghadiri event Festival Nasional Wisran Hadi di FIB Unand Padang yang ditaja oleh Teater Langkah.

Poster Event: Festival Nasional Wisran Hadi, 
by Teater Langkah

Teater Langkah FIB Universitas Andalas:

'Teater Langkah' adalah grup Teater mahasiswa paling tua di Universitas Andalas. Sekarang usia grup tersebut sudah berumur 30th. Otomatis, di UKM FIB Unand, merekalah yang paling tua.

Dari puluhan tahun beraktifitas, tercatat beberapa kampus di Indonesia Wilayah Barat telah berpentas dan mengikuti Pertemuan Teater Mahasiswa yang eventnya dilaksanakan oleh Teater Langkah ini:

Antara lain, Universitas Riau, Universitas Islam Riau, Universitas Jambi, Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, USU Medan, Unimed Medan, Tadulako Palu, dan Gsttf Unpad Bandung.

Itu dulu.. lama sekali.

Image by Teater Langkah

Teater Langkah, setelah melakukan anjangsana melalui pertunjukan ke beberapa kampus di Sumatera, kini grup ini sengaja mengadakan Festival untuk sebuah penghormatan kepada seorang 'Guru'/dosen, Tokoh Teater Indonesia, Pendiri Bumi Teater Padang, yaitu Wisran Hadi.

Festival Nasional Wisran hadi (FNWH):

Liflet FWNH langkah

Festival Nasional Wisran Hadi berlangsung dari tanggal 23 - 29 April 2018.
Dilaksanakan di Medan Nan Balinduang dan Parkiran Kampus Fib Universitas Andalas Padang.
FNWH diikuti oleh 7 peserta:, antara lain:
  1. Teater Langkah, Universitas Andalas
  2. Teater Basurek, Universitas Bengkulu
  3. Teater Batra, Universitas Riau
  4. ISI Padangpanjang
  5. Teater Nol, Universitas Syiah Kuala
  6. Teater Tirai STIK-P medan. Sumatera Utara
  7. Teater UI, Universitas Indonesia.
 
Liflet FWNH langkah

Sebagai tanda berkabar, maka jadilah postingan ini. Semoga kelanjutannya, nanti masih bisa saya postingkan. Dan ini beberapa adegan pada pertunjukan malam pertama (23/4):




Not | Foto-foto hari pertama pertunjukan teater dari teater Langkah

Salam Rohmantik
(Diupdate dari Steemit @mpugondrong)




Share:
spacer

1 comment:

  1. As usual, great post. You keep amazing me with your content design and layout. And thanks for sharing this awesome piece. Also, check out now League of Legend Gift Card

    ReplyDelete

SILAHKAN TINGGALkAN TANGGAPAN DI SINI