NEGERI SEALUN DENDANG: Pelisanan Puisi-puisi Irman Syah





NEGERI SEALUN DENDANG
Pelisanan Puisi-puisi Irman Syah
Tempat: Warung Apresiasi Bulungan, Jakarta
Waktu : 28 Juni 2004, Pukul 20.00 - 21.00 WIB

Irman Syah, termasuk bagus membaca teks panggung dan kuat melisankan puisinya dalam membangun komunikasi pertunjukan. Pertunjukannya pun unik, walau dibantu dengan alat musik tiup bansi dan dendang tanpa kata (permainan bunyi fonem yang berirama etnik) dengan nuansa yang khas.

Penggabungan bunyi alunan bansi dan dendang, serta pengucapan puisi sebgai suatu kesatuan memang merupakan kemampuan yang jarang dimiliki oleh penyair lain dan ini pulalah yang membangun ciri khas yang dimilikinya.



Selain penampilan tunggal di Wapres Bulungan kali ini, Irmansyah pernah beberapa kali melakukan pertunjukan puisi dengan durasi beragam pada berbagai event dan pembuka acara, antara lain di Gedong juang 45, Komunitas Garuda, Graha Bakti budaya, PDS HB Yasin, Galeri Cipta II, Pelataran Parkir TIM, GKJ, QB kemang, dan sebagainya.


Negeri sealun Dendang adalah rangkuman puitik dari puisi puisi perjalanan yang dilakukan Irman Syah. Sekitar 25 puisi telah dipersiapkannya antara lain: negeri, kota dan sukma. Semacam hikayat dan kaba yang perlu dikabarkan.

Irman Syah adalah Penggagas "Mengenang Hoeriah Adam" di Taman Budaya medan 2001, "Mengenang Chairil anwar" di Gedung Joang 45, 2002 dan pendukung "12 Jam Parmin Ras bergetar" di Surabaya 2004.

Beliau juga mantan staf pengajar INS KayuTanam Sumbar, dan alumni Fakultas Sastra Universitas Andalas Padang Program Studi Sastra dan Filsafat. Puisi-puisinya pernah memenangi Lomba Cipta Puisi Se Indonesia, baik di Padang, Medan, Malang, dan Bali, serta dimuat di berbagai media masa di Padang, Medan, Jakarta, Yogya, Malang dan Bali. (rilis)

2 comments:

  1. Aku mau memenuhi undanganmu , menatapmu berekspresi tapi kau tahu? rantai dikakiku terlalu kuat mengekangku

    ReplyDelete
  2. okke deh..
    harus disiapkan juga kaki-tangan
    biar gampang
    menghilangkan
    kekanhgan itu..
    yeeeeeeeee..

    ReplyDelete

SILAHKAN TINGGALkAN TANGGAPAN DI SINI