Komunitas Planet Senen Kenang Chairil Anwar


Laporan: Wartawan Kompas Yurnaldi



JAKARTA, MINGGU - Komunitas Planet Senen (KoP'S) akan menggelar pembacaan dan musikalisasi puisi karya Chairil Anwar untuk mengenang penyair terkemuka Indonesia tersebut, Senin (28/4) di Gelanggang Planet Senen, Jalan Stasiun Senen, Jakarta Pusat.

"Chairil Anwar adalah penyair angkatan 45 yangterkemuka dan penyair yang serius. Ia bisa sabar mencari satu kata yang tepat untuk satu baris sajaknya, ia bisa berminggu-minggu. Kepenyairan baginya adalah suatu yang utama dan segala-galanya," kata panitia pelaksana kegiatan itu, Irman Syah, Minggu (27/4) di Jakarta.

Acara dimulai dengan mengenang kepergian Chairil Anwar, 28 April 1949 di Rumah Sakit CBZ (sekarang RS Cipto Mangunkusumo) dalam usia 26 tahun 9 bulan 11 hari, dengan pembacaan biografi singkat Chairil Anwar oleh Endo Senggono, serta pembacaan puisi, musikalisasi puisi, dan orasi budaya oleh Irman Syah, yang bertajuk 'Planet Senen dan Chairil Anwar'. Tapi, sebelumnya, sejumlah seniman dan sastrawan akan berziarah ke makam Chairil Anwar di Karet, serta membaca puisi dan berdoa di sana. Senin (28/4) malam, acara mengenang Chairil Anwar dipusatkan di Gelanggang Planet Senen.

Kawasan Senen, yang terletak di jantung Ibu Kota, telah menjadi guru kehidupan bagi para seniman dulunya. Tidak hanya karya sastra dan seni pertunjukan yang mereka dapat, tapi juga tempaan kehidupan keras pasar, situasi politik yang sering berubah, hingga inflasi ekonomi yang membangun kondisi empirik, yang menjadi basis penciptaan yang membuat mereka mampu bertahan hidup sambil melahirkan karya-karya besar.

Menurut Irmansyah, spirit inilah yang dicoba untuk dibangkitkannya, agar ruang publik mampu membangun eksistensi menjadi ruang kultural. KoP'S berusaha mengembannya. Seniman dan sastrawan yang akan berpartisipasi antara lain Imam Ma'rif, Viddy AD Daery, Gratiagusti Anya Rompas, Budhy Setyawan, Sihar Ramses Simatupang, Irmansyah, Putri Miranda,serta Grup
Denting, Sapta,Kelompok Penyair Jalanan, Big-aW dan KAPAS. (Minggu/ 27 April 2008)





0 comments:

Post a Comment

SILAHKAN TINGGALkAN TANGGAPAN DI SINI