LAWANG CAFE: Ngopi-baca yang Menyenangkan di Payakumbuh Sumatera Barat


Para Tamu Lawang Cafe

Tulisan ini sesungguhnya merupakan informasi tentang tongkrongan unik dan menarik di daerah Payakumbuh, Sumatera Barat.

Namanya Lawang Cafe, sebuah kafe tempat bagi anda untuk ngopi-baca dengan asik, lokasinya di Tanjung Pati, Sarilamak, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat.

Anda akan dijamin nyaman menulis di sini, selain akan disuguhkan kopi lokal yang berkualitas yaitu Kopi Talamau (Pasaman) dan kopi lainnya, anda juga akan bisa bersekehandak-hati memilih buku-buku yang ingin dibaca sambil ngopi.

MayaLestari GF di Lawang Cafe

Semua terpajang di rak-rak buku yang sekaligus merupakan isian dekoratif yang memanjakan mata. Jenisnya juga beragam: novel, puisi, cerita pendek, atau buku budaya dan sejarah perjuangan.

Pilih dan baca saja, tapi jangan lupa mengembalikan lagi ke tempat semula ketika anda sudah selesai menggunakannya.

Lawang Cafe berlokasi di Purwajaya Tanjung Pati - Payakumbuh, tepat di pinggir jalan raya arah ke Harau, sebelum Pasar Sarilamak dan Kantor Bupati Limapuluh Kota, jika anda datang dari arah kota Payakumbuh.

Mpu Gondrong, Penyair Rohmantik


Jika anda melakukan kunjungan wisata ke Lembah Harau, sebuah destinasi wisata alam yang menakjubkan di Payakumbuh itu, atau tempat lainnya yang juga tak kalah menariknya jangan lupa singgah dan menikmati suasana di sini.

Lawang Cafe sengaja didesign semenarik mungkin oleh pemilikya, sepasang suami-istri, Arief Orrion dan Yathy Melodi yang keduanya memang penulis muda berbakat yang dimiliki daerah ini.

Ada Live Musik Akustiknya juga lho..

Selain menjadi tongkrongan menarik, atau cafe gaul bagi para remaja kota ini, Lawang Cafe pun berusaha untuk mengikat mereka dengan beragam apresiasi seni dan budaya serta menyiapkan beberapa agenda kreatifitas.

Tak jarang pertunjukan dan beragam agenda festival yang serba-minimalis diadakan di sini, baik musik akustik, baca dan musikalisasi puisi serta lomba cipta karya sastra.

Kegiatan semacam ini memang sengaja dipersiapkan secara rapi dan mendatangkan para juri yang kenamaan yakni seniman nasional asal Sumatera Barat.



Kafe Ngopi-baca:

 
Iyut Fitra, Penyair Kenamaan Indonesia

Sumatera Barat, khususnya Payakumbuh atau Kabupaten Limapuluh Kota termasuk gudangnya Sastrawan Indonesia.

Lahir dari sini nama-nama yang bercatur di peta nasional kesusastraan Indonesia. Antara lain, Gus tf, Adri Sandra, Iyut Fitra, serta generasi sesudah dan sebelumnya.

Chairil Anwar, tokoh Angkan 45 yang kelahiran Medan itu pun ayahnya juga berasal dari Kabupaten Limapuluh Kota. Generasi termuda dari beberapa penulis asal Payakumbuh atau Limapuluh Kota sesudahnya pun tetap mendapat tempat di kancah sastra Nasional, seperti Heru Joni Putra dll.

Muhammad Ibrahim Ilyas, Seniman dan Budayawan


Artinya, Lawang Cafe sebagai tongkrongan kreatif bagi para penulis muda dengan konsep 'ngopi-baca' ini patut dipujikan dan juga bisa dianggap sebagai salah satu terobosan usaha baru yang tidak cuma cafe sekedar nongkrong atau ngomong-ngomong doang.

Rohmantik, 22/3/2018
(diupdate dari steemit.com)

Share:
spacer

No comments:

Post a Comment

SILAHKAN TINGGALkAN TANGGAPAN DI SINI