CITRA: Identitas Budaya Bangsa



S’NENAN: Komunitas Planet Senen Jakarta

Membahasakan sejarah peradaban manusia melalui media kesenian, dalam hal pertunjukan musikalisasi puisi, tentulah akan terasa lembut dan menyentuh. Komunikasi ini akan jauh berbeda denagn kegiatan seremonial biasa yang sering dilakukan selama ini. Wacana yang tercipta akan lebih cepat mengalir serta terserap ke ruang-ruang di dasar jiwa manusia.
Kreativitas semacam ini diharapkan mampu membangunkan kesadaran manusia betapa pentingnya sejarah; perjalanan hidup dan perjuanga manusia untuk dirinya dan bernegara, berbangsa, berbahasa dan bertanah-air. Untuk pikiran ini KoPS [KOMUNITAS PLANET SENEN] menjadikan Plaza Depan Gelanggang Remaja Jakarta Pusat sebagai tempat yang tepat untuk merespon dan mensosialisasikan gagasan KOMPI (Komunitas Musikalisasi Puisi Indonesia) yang telah di deklarasikan di Jakarta, tepatnya di Teater Kecil TIM pada 9 Januari 2009

Jakarta sebagai Ibukota negara adalah sebuah tempat yang plural dan memiliki peristiwa dengan keragaman sejarahnya. Semuanya itu diabadikan dalam bentuk peninggalan-peninggalan serta catatan-catatn dan dokumentasi. Dengan demikian lewat dokumentasi karya dari penyair Jakarta kota ini menjadi kian penting untuk ditelusuri, karena memang tumpuan dan sentral pergerakan dan pertumbuhan Indonesia.

KoPS dan KOMPI DKI berusaha untuk menghadirkan gagasan pentas yang titik beratnya mengacu pada kekinian persoalan dan silang singkerutnya kehidupan manusia yang begitu jamak di Jakarta. Sebagai sebuah komunitas yang berbicara lewat karya puisi dan menggunakan pluralitas bunyi yang dikomposisi, KoPS dan KOMPI Jakarta berusaha untuk berbuat dan bersinergi untuk menghadirkan group-group musikalisasi puisi yang bermukim di Jakarta

Maksud dan Tujuan:
KoPS, melalui msikalisasi puisi dapat mengangkat harkat dan citra “Identitas Budaya Bangsa” melalui karya-karya puisi pilihan yang telah diramu secara puitik dengan komposisi musikal yang harmoni. Pagelaran ini berusaha mewujudkan dan memunculkan jati diri bangsa Indonesia, yang merdeka dan berbudaya.

Pagelaran ini dapat melahirkan alternatif dunia hiburan yang lebih edukatif dan dinamis. KoPS berharap dapat menyambung silaturahmi untuk semua.

Gagasan Thema :Mengemas Pluralitas
Audiens : Pelajar dan Mahasiswa
Seniman/Budayawan muda
Masyarakat

Group-Group Musikalisasi :
1. Komunitas SAPTA
2. Komunitas Rumput
3. Komunitas DENTING
4. Komunitas THE NORTH
5. Komunitas POCI
6. Komunitas KAPAS
7. Komunitas GANTA UNAS

Waktu dan Tempat :
Pagelaran akan dilaksanakan tanggal 26 Januari 2009, Pkl : 19.30 wib di Halaman Plaza Gelanggang Remaja Jakarta Pusat, Jl. Stasiun Senen no. 1

Penutup :
Demi terselenggaranya acara pagelaran ini kami mengharap bantuan dan pasrtisipasi dari pihak manapun. Semoga dengan pagelaran ini, kita semua dapat menjaga pluralitas bangsa dengan hati dan jiwa yang merdeka. (Jakarta, 20 Januari 2009)

4 comments:

  1. Maju terus buat para pengiat kesenian di senen.
    Hebat.... top abis.... mantab....

    ReplyDelete
  2. tengkiu Mad..
    Salam dan jebat-erat selalu
    semoga sehat dan sukses selalu..

    Bravo!

    ReplyDelete
  3. semoga sukses terus bwt para pengigat kesenian dan budaya.... slm bwt bang irman syah top ! bgt

    ReplyDelete
  4. tengkiu irmansyah..

    salam
    ToP
    Trade on Provesional!
    hahaha

    jabat-erat!

    ReplyDelete

SILAHKAN TINGGALkAN TANGGAPAN DI SINI